Langit Musik : Streaming Jutaan Lagu Tanpa Jutaan Rupiah



Kalian para pembaca blog ini, di 2017 ini adakah yang masih asing dengan yang namanya Streaming Musik ?

Rata-rata semua udah tau lah ya apa itu Streaming Musik, yaitu cara baru untuk mendengarkan lagu tanpa harus mendowload lagu tersebut ke dalam device kita.

Sedikit bicara sejarah, Streaming Musik ini bisa dibilang menjadi penyelamat industri musik dunia loh guys. Kok bisa ?

Berdasar penelitian yang dilakukan oleh Quartz.com, dari grafik di samping bisa kita lihat bahwa pendapatan industri musik sekarang sebagian besar ditopang dari pendapatan streaming musik.

Kalau dulu industri musik mengandalkan pendapatan dari penjualan fisik ( cd-kaset-dvd ), sejak jaman digital penjualan fisik tersebut makin terus menurun setiap tahunnya. Ayo kalian ngaku, ada gak disini yang sekalipun ga pernah download MP3 bajakan ? Hal-hal seperti mp3 bajakan itulah yang sempat membuat industri musik mati suri.

Kalian yang sudah menginjakkan kaki di bumi ini dari sebelum tahun 90an, pasti pernah tau atau ngalamin toko musik yang menjamur menjual berbagai macam kaset atau cd. Dulu ada toko musik Disc Tarra yang sempat menjamur di berbagai mal. Berapa jumlah outletnya sekarang ? 0 alias zero alias bangkrut.

Nah guys, kita boleh patut berbangga lho, karena kita punya streaming music service sendiri buatan anak bangsa. Adalah Langit Musik, layanan musik streaming yang dihadirkan oleh provider telekomunikasi terbesar di Indonesia - Telkomsel, yang bekerja sama dengan PT. MelON Indonesia - anak perusahaan PT. Telkom Indonesia ( induk Telkomsel )

Nah, dengan Langit Musik ini, kalian bisa tetep dengerin lagu-lagu terbaru tanpa harus download MP3 bajakan. Dengan begitu kalian bisa ikut berpartisipasi memajukan industri kreatif dalam negeri kawan 😊

Jadi Langit Musik itu apaan sih ? Yuk kita lihat infografik singkat dibawah ini :





Nah, setelah tau apa itu Langit Musik, yuk kita bahas satu-satu tentang apa saja fitur-fitur utama dan kelebihan yang dimiliki Langit Musik ! 😉




Halaman Utama dari Langit Musik adalah halaman EXPLORE. Di halaman ini, kita bisa menemukan rekomendasi dari Langit Musik tentang album / lagu / playlist apa sih yang bisa kita mainkan. 

Tampilan dari aplikasi Langit Musik ini menurut saya sangat bagus dan sangat user friendly. Setara lah dengan aplikasi-aplikasi streaming musik dari luar negeri. Bahkan malah dalam beberapa bagian, Langit Musik lebih unggul 👍

Ada 2 sub-kategori disini, yaitu FOR YOU & BROWSE.
              • FOR YOU, di menu ini kita dapat menemukan rekomendasi berbagai playlist / lagu dari berbagai genre yang dikurasi oleh Langit Musik. Playlist yang ada bisa kita Follow, sehingga kita bisa tau jika ada update terbaru
              • BROWSE, di sini kita bisa menemukan lagu-lagu terbaru ( New Release ) dari berbagai genre, baik lagu Indonesia maupun lagu Internasional
Yang unik nya, Langit Musik juga memberikan rekomendasi sesuai mood loh ! Yang mood nya lagi Kasmaran, adaaa. Mood nya lagi Romantis, adaaa. Mood nya lagi Sentimental, adaaaa. Kadang-kadang berasa : kok Langit Musik bisa ngerti banget mood kita sih ! hihihihi






Di bagian EXPLORE ini, ada 1 sub menu yang namanya #TAGSTATION.  Sub menu ini berisikan tentang kumpulan lagu-lagu yang dikelompokan menjadi satu kategori berdasarkan hashtag seperti : #musisiindonesia , #ostmovie , #love , dsb. Di bagian bawah masing-masing foto thumbnail nya terdapat deskripsi tentang apa sih isi dari hashtag itu.


This is cool, isn't it ? :)




Nah ini dia menurut gue fitur yang keren dan cuma ada di Langit Musik ! 😋


Di bagian TRENDING ini kita bisa tau, lagu-lagu apa aja sih yang lagi kekinian di kota kita atau di kota-kota lain di Indonesia.

Jika kita klik di salah satu titik nya, nanti kita bisa melihat lagu-lagu yang sedang nge-in di situ. Tap lagi di bagian See Trending ,  maka Langit Musik akan menampilkan 10 lagu teratas yang paling banyak dimainkan di daerah tersebut.

Selain 10 lagu teratas, kita juga bisa melihat Top Artist dan Top Playlist di daerah yang kita pilih.

Keren kannn guys ? Ya iya lah, namanya juga Langit Musik ! 😉








Menu MY MUSIC ini ibaratnya adalah album pribadi kalian. Bukan album rekaman yang isinya suara kalian loh ya 😀 tapi album yang berisi tentang histori lagu-lagu yang pernah kita mainkan, kita save, dan album / playlist yang kita follow atau playlist yang kita buat sendiri.

Playlist yang kita buat sendiri itu gak cuma buat kita dengerin sendiri loh guys, tapi kita juga bisa share playlist kita ke teman-teman kita melalui social media.






Di NOTIFICATIONS, terdapat sub menu Updates, Share With Me, dan Promos. Disini kita bisa melihat update dari artis / album yang kita follow, apa yang sedang mereka dengarkan, dsb. Yang menarik ada di sub menu Promos. Di sini kita bisa melihat berbagai program dan promosi yang diselenggarakan Langit Musik atau afiliasinya. Promo nya ini diupdate terus menerus lho guys, kalau kalian beruntung bisa lho dapetin tiket nonton konser gratis dari sini.

Hayo siapa yang mau ? :D




Nah guys, itulah beberapa fitur penting yang ada di Langit Musik. Tapi review dari gue belum berhenti sampe disitu. Masih ada beberapa keunggulan dari Langit Musik yang mau gue bahas. Hehehe



Yang pertama adalah UI pada saat kita memainkan lagu. Menurut gue UI nya Langit Musik ini very well thought ! UI nya mengingatkan gue pada saat jaman-jaman piringan hitam, eh, CD ( ya ampun piringan hitam, tua banget dong ya gue 😂 ). Kita bisa men-drag di bagian piringannya untuk meng-fast forward atau reverse bagian dari suatu lagu

 

Selain itu, satu  fitur lagi yang menurut gue brilian adalah adanya Lirik lagu yang ditampilkan secara otomatis ! Tanpa kita harus buka aplikasi lain, lirik akan langsung ditampilkan dibawah piringan. Ini berguna banget, karena kalau biasanya gue pake player lain harus buka aplikasi lain buat nyari lirik, pake Langit Musik liriknya langsung nampang di layar. Ditambah lagi kita bisa mengubah tampilan layar menjadi full menampilkan lirik, cocok banget kan buat yang demen karaoke ( baca : di kamar mandi. Hahaha :D )



Bukan aplikasi musik jempolan kalo ga ada fitur untuk men-setting Equalizer sendiri. Apalagi bagi para audiophile , pasti gatel rasanya kalo ga ngatur EQ sendiri.

Di bagian Settings pada Langit Musik, kita bisa mengatur EQ sesuai output yang kita inginkan. Apakah itu berat di Bass, atau berat di Treble, kita bisa mengatur sesuai yang kita mau. Jadi soal urusan kualitas output audio nya, kalian jangan khawatir :)



Seperti yang udah pernah disinggu sedikit diatas, Langit Musik menawarkan 2 jenis layanan yang sangat-sangat ramah terhadap kantong kita :
  • Langit Musik Freemium, yaitu kita tidak membayar apapun. Sebagai gantinya, akan ada selingan iklan diantara lagu
  • Langit Musik Premium, yaitu layanan tanpa iklan dengan tarif Rp 6.000 / 7 hari atau Rp 20.000 / 30 hari
Gak cukup cuma tarifnya aja yang murah, tapi bagi kita pengguna Telkomsel, streaming lagu di Langit Musik bebas kuota ! Jadi, selain kita hemat uang untuk menjadi member premium, kita juga hemat uang untuk beli kuota internet 😊 

Kalau tagline kompetisinya Langit Musik kali ini : Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota , maka ijinkan gue memplesetkannya sedikit menjadi : Streaming Jutaan Lagu Tanpa Jutaan Rupiah :)




Kalau ditanya ide atau masukan apa untuk Langit Musik, gue sendiri bingung mau ngasi masukan apa ke aplikasi yang menurut gue udah bagus banget kaya gini.

Tapi setelah saya ubek-ubek aplikasinya, saya tidak menemukan adanya fitur Chromecast / Google Cast di Langit Musik. Bagi yang belum tau, Chromecast adalah cara mudah untuk memainkan content smartphone di layar TV kita, baik itu Video maupun Audio. Singkat kata, Chromecast ini mampu mengubah TV yang nggak pinter di rumah kita menjadi Smart TV.




Dengan fitur Chromecast ini, kita bisa meng-cast atau men-streaming lagu-lagu dari Langit Musik untuk dimainkan di TV kita. 


Rata-rata aplikasi streaming musik dari luar negeri sudah support Chromecast, maka gue berharap kedepannya nanti developer Langit Musik bisa melengkapi juga aplikasinya supaya makin setara dengan para pemimpin pasar streaming musik internasional.



Sampailah juga kita pada ujung review kali ini. Untuk meringkas dari pembahasan kali ini, gue rangkum dalam infografik dibawah ini biar enak dibaca yah ! 😉



So guys, gimana ? Tertarik kan untuk nyobain Langit Musik ? Caranya gampang kok guys. Kalian tinggal klik link di bawah ini :

Get it on Google Play

Setelah kalian meng-install di handphone kalian masing-masing, kalian cukup Sign Up dan voila ! Langsung deh bisa menikmati jutaan lagu yang tinggal kalian klik 😊

Sekali lagi terima kasih untuk Langit Musik yang telah memberikan kita suatu layanan streaming musik dari anak bangsa yang membanggakan. Selain itu, dengan Langit Musik membuat kita ikut membantu memerangi pembajakan.
Langit Musik, musiknya hidup kamu !




Teks, Foto, dan Infografik oleh Vincentius Valdi - fun-tography.blogspot.com

Comments

Popular Posts